Senin, 01 Juni 2009

Peluang Usaha Kecil Mie Basah

http://i43.photobucket.com/albums/e372/kenchaska/sotomie.jpg

Pengolahan mie dilakukan untuk menjadikan mie sebagai salah satu pangan alternatif pengganti nasi, hal ini tentu sangat menguntungkan ditinjau dari sudut pandang penganeragaman konsumsi pangan. Akhir-akhir ini konsumsi mie kian meningkat, hal ini didukung oleh berbagai keunggulan yang dimiliki mie, terutama dalam hal tekstur, rasa, penampakan, dan kepraktisan penggunaannya. Dengan demikian peluang usaha industri pengolahan mie, baik dalam industri skala kecil maupun besar masih sangat terbuka luas.

Bahan-Bahan Pembuatan Mie
Tepung terigu merupakan bahan dasar pembuatan mie. Tepung terigu diperoleh dari biji gandum (Triticum vulgare) yang digiling. Tepung terigu berfungsi membentuk struktur mie, sumber protein dan karbohidrat. Kandungan protein utama tepung terigu yang berperan dalam pembuatan mie adalah gluten.

Cara Pembuatan Mie
Tahapan pembuatan mie (basah) terdiri dari tahap pencampuran, roll press (pembentukan lembaran), pembentukan mie, pengukusan, pendinginan serta pengemasan. Tahap pencampuran bertujuan agar hidrasi tepung dengan air berlangsung secara merata dan menarik serat-serat gluten.

Resep mie basah sebagai berikut:

* Bahan:

1. Terigu Naga Biru (protein sedang) 1000 gr
2. Air 275 cc
3. Telur 2 butir
4. Garam 20 gram
5. Soda ash/soda kue 8 gram

* cara pembuatan :

larutkan garam, soda ash dalam air, masukkan telur dalam terigu dan aduk kemudian masukkan air dan aduk hingga rata. Istirahatkan adonan 10 menit, kemudian press hingga halus kemudian tipiskan dan potong menjadi untaian mie.Rebus mie dalam air mendidih selama 45 detik dan dinginkan segera
dengan di kipas. Olesi dengan minyak sayur agar tidak lengket.

Sumber: bisnisukm.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar